Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 31 Desember 2011

KECERDASAN LINGUISTIC DALAM KEHIDUPAN

Sebuah presupposisi mengatakan bahwa “We Cannot Not Communicate”. Apakah anda menyadari bahwa linguistic sangat berpengaruh dalam kehidupan..? Setujukah kita bahwa dalam kehidupan sehari-hari, linguistic berada dalam tingkatan tertinggi.? Pada bagian awal ini, anda mungkin penasaran untuk ketahui lebih dalam mengenai peran linguistic. Bukan begitu.? Ya, tunggu dulu. Teruskan baca artikel ini sambil anda ikuti petunjuk dan perintahnya.

Lalu sekarang apa yang dimaksud dengan kecerdasan linguistic itu.? kecerdasan linguistic adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif atau hal-hal yang berhubungan dengan kepekaan pada makna dan susunan kata. Saat ini apakah anda menyadari bahwa dalam tata bahasa Indonesia, hanya dengan mengubah susunan kata sudah merubah arti/presupposisinya.

Setiap susunan kata yang dibentuk menjadi sebuah kalimat, mengandung makna tertentu yang akan diterima oleh orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.  Makna tersebutlah yang akan direspon oleh si lawan bicara. Berikut saya contohkan mengenai pengaruh susunan kata terhadap makna/presupposisi.
Contoh pertama :
1.     Kakak sedang bermain bola di lapangan
2.     Kakak sedang bermain di lapangan bola

Kedua kalimat diatas sama-sama mengandung makna bahwa si penyampai pesan mempunyai saudara dan kegiatan itu tengah berlangsung, namun kedua kalimat tersebut mempunyai presupposisi yang berbeda

Pada kalimat pertama, si kakak sedang bermain bola namun kemungkinannya bahwa si kakak belum tentu bermain bola di lapangan bola, bisa jadi di lapangan futsal, lapangan badminton, dan lainnya.

Sedangkan pada kalimat kedua, aktifitas permainan yang dilakukan si kakak belum tentu sedang bermain bola. Bisa saja sedang bermain petak umpet, kejar-kejaran yang sudah pasti tempatnya adalah di lapangan bola.
Contoh kedua :
1.     Saya sedang mencari rumah yang mau jual dibawah harga pasar dengan saya hubungi 087716402007.
2.     Saya akan mencari rumah yang mau jual dibawah harga pasar dengan saya Hubungi 087716402007.

Meskipun kedua kalimat mengatakan bahwa sedang meminta Bantu saya untuk informasi dan menemukan rumah dengan  harga dibawah pasar untuk jual dengan saya dengan menghubungi 087716402007 tetapi kedua kalimat diatas berbeda dalam predikat waktunya. Yang pertama mempersupposisikan bahwa saya dalam keadaan mencari rumah dan minta Bantu saya mencari rumah dengan harga dibawah pasar, dan kalimat kedua adalah saya belum dalam keadaan atau sebentar lagi melakukan aktifitas tersebut.

Teruskan baca.

Bicara tentang penggunaan kata-kata, pernahkah anda terpesona dengan perkataan seorang guru, konsultan, dan motivator seperti Mario Teguh dan saya tentunya katakan bahwa orang-orang seperti mereka telah menguasai pola linguistic tertentu yang mereka gunakan sedemikian rupa, sehingga mampu menghipnotis para pengagumnya dan saya yakin anda pernah mengalami hal yang seperti itu. Ngomong-ngomong, hipnotis itu juga terjadi karena linguistic lho..!!

Sayang sekali, masyarakat kita sudah teracuni oleh pendapat yang mengatakan bahwa fenomena hipnotis itu adalah yang berhubungan dengan hal mistik yang seharusnya diartikan sebagai Proses terbukanya filter penyaring informasi karena sebuah pola linguistic tertentu. Oleh karena itu saya akan menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara melakukannya, nanti.

Salah satu alasan artikel ini dibuat adalah untuk menjelaskan pengaruh linguistic dalam kehidupan kita sehari-hari serta penngaruhnya jika kita salah menempatkan kata-kata. Artikel ini akan dibagi menjadi 7 seri.

-         Seri pertama membahas mengenai konsep dasar Neuro-Linguistic.
-         Seri Kedua membahas mengenai 11 pola penentang linguistic.
-         Seri ketiga tentang 27 Pola Linguistic pembentuk sugesti aktif/Hipnotis.
-         Seri ke empat mebahas pengaruh linguistic dalam perkembangan anak.
-    Seri kelima membahas mengenai pengaruh linguistic terhadap pendidikan, seri keenam membahas mengenai linguistic dasar dalam Public Speaking, dan
-         Seri ketujuh yaitu seri terakhir membahas tentang linguistic dalam dunia motivasi.

Well, sampai disini dulu pembukaan mengenai Pengaruh Linguistic dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, kesalahan linguistic sangat fatal akibatnya jika anda tidak menguasainya. Sebagai penutup, ijinkan saya lanjutkan kesimpulan dari presupposisi di awal artikel ini “apakah Kita tidak bisa tidak berkomunikasi? Jawabannya tidak bisa”.

Sampai ketemu di seri pertama.

By : Rizali Anshar, C.Ht, M.NLP
(International Lisenced Master Practitioner of Neuro Linguistic ProgrammingTM Approved by The Society of NLP, USA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar